Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Binahong

2 min read

binahong

Binahong atau Anredera Cordifolia  merupakan salah satu jenis tanaman obat yang konon berasal dari Negara Korea. Tanaman yang biasanya tumbuh di dataran rendah dan dataran tinggi ini mempunyai banyak manfaat untuk meyembuhkan penyakit. Jadi  bagaimana sih pembahasan lebih rincinya ? Simak artikel ini selengkapnya ya!

Kali ini Nonatani akan membahas tentang tanaman obat herbal yang baik untuk dikonsumsi. Pembahasan tentang binahong ini dibuat ringkas dan sederhana sehingga mudah dipahami pemula. Terdapat 6 subjudul yang menarik yaitu jenis-jenis binahong hingga cara menanam binahong.cara mengkonsumsi daun binahong

Binahong

Binahong merupakan jenis tanaman merambat. Akhir-akhir ini kerap dimanfaatkan sebagian masyarakat untuk dijadikan obat alami untuk menyembuhkan luka dan mengobati beberapa penyakit ringan hingga berat. Bagian yang kerap digunakan adalah daunnya.

1. Jenis jenis Binahong

Secara sepintas daun binahong memang mirip dan memiliki kekerabatan biologis dengan daun sirih. Daunnya berbentuk seperti hati terbalik karena itulah dibelahan bumi bagian barat dikenal sebagai madevine. Jenis binahong ada yang berwarna daun merah dan ada yang berwarna hijau.

Batangnya memiliki struktur yang cukup lunak dan kuat sehingga sangat fleksibel untuk membelit tanaman lain. Batangnya memiliki warna kemerahan tapi jika sudah tua akan berubah menjadi putih. Usia binahong bisa sampai 3 bulan dan akan membentuk umbi.

2. Kandungan Kimia Binahong

Lebih jelasnya tanaman ini memiliki kandungan kimia yang harus kamu ketahui. Seperti kandungan minyak binahong ini misalnya.

Kandungan Kadar
1-Tetradecene 0,9%
n-Tetradecene 1,2%
2,6,10-Trimethryl-dodecane 1,4%
2-Dodecenal (2E) 1,2%
n-Pentadecane 5,9%
trans-Cyclohexane, 1-(cyclohexylmethyl)-2-methyl 0,1%
[email protected] 23,9%
2-Hexyl-1-decanol 10,1%
1,10-Decanediol 3%
n-Hexadecane 11,6%
Tetradecanal 1,6%
n-Heptadecane 7,3%
n-Pentadecanol 0,4%
1-Octadecane 3,1%
n-Octadecane 6,3%
n-Hexadecanol 3,9%
n-Nonadecane 4,6%
n-Eicosene 1,8%
n-Eicosane 3,3%

3. Manfaat Binahong Untuk Kesehatan

Modern ini memang banyak beredar obat kimia yang manjur untuk mengobati penyakit. Tapi jangan salah bahwa obat dari tanaman herbal pun juga bisa mengobati penyakit. Seperti tanaman ini yang sudah diteliti dan bisa dijadikan obat herbal beberapa penyakit dan berguna juga untuk kecantikan.

Ada banyak penelitian yang telah dilakukan, misalnya yang dilakukan oleh Stikes Husada Surakarta. Meskipun memiliki banyak fungsi, berikut ini beberapa manfaatnya.

  • Menyembuhkan Luka

Jika kamu sedang terluka karena jatuh dari sepeda atau sejenisnya gunakan daun binahong untuk mengobatinya. Kandungan antioksidan dan antiseptik pada daun dapat menutup luka dan mencegah infeksi.

Cara penggunaannya pun cukup mudah yaitu haluskan daunnya yang mentah lalu oleskan pada permukaan kulit yang terluka. Jadi penggunaan obat herbal dapat menurunkan tingkat penggunaan obat kimia yang bisa saja berbahaya untuk tubuh.

  • Sakit Maag

Apakah tanaman ini dapat mengatasi maag ? Jangan khawatir daun binahon memiliki khasiat yang mampu menetralkan asam lambung. Antioksidan dalam herbal ini sangat bermanfaat yaitu untuk membersihkan lambung dari radikal bebas.

  • Kesehatan Mata

Merawat mata bisanya dilakukan dengan memakan buah atau sayur yang kaya akan vitamin A, vitamin C, betakaroten, zeaxanthin dan lutein. Tetapi dengan mengkonsumsi daun nya kamu juga dapat menjaga kesehatan matamu karena memiliki kandungan tersebut.

  • Mengobati Penyakit Ginjal

Ginjal berfungsi untuk mempertahanakan kadar kreatinin dari aktivitas otot yang terjadi. Lalu jika ginjal terganggu dapat menambah kadar kreatinin. Kadar kreatinin dapat diturunkan dengan mengkonsumsi jus daunnya menurut penelitian salah satu kampus di Surakarta.

  • Mencerahkan Wajah

Selain berguna untuk kesehatan, ternyata daun tanaman yang satu ini juga bisa membantu kamu dalam masalah kecantikan. Daun tanaman ini dapat mencerahkan wajah karena kandungan antioksidan yang ada di dalamnya. Cara pengaplikasiannya dengan menumbuk daun yang muda dan oleskan pada wajah untuk maskeran sehabis mandi.

  • Menghilangkan Jerawat

Kandungan antibakteri didalamnya bisa membunuh bakteri penyebab jerawat. Cara mengaplikasinya adalah dengan membuat masker seperti diatas.

4. Cara Mengolah Tanaman Binahong Untuk Obat

Salah satu dosen mengatakan bahwa cara mengkonsumsi daun binahong yang paling baik adalah dari konsentratnya. Bisa juga memakannya secara langsung jika kamu mau. Tetapi umunya cara mengkonsumsi daun binahong adalah dengan merebus daun tanaman tersebut sampai mendidih.

Kemudian air hasil rebusan dapat diminum langsung secara berkala. Perlu diperhatikan agar tidak overdosis dalam mengkonsumsinya.

5. Efek Samping

Ada beberapa efek samping yang paling umum diketahui setelah menggunakan herbal ini. Biasanya akan muncul sakit perut, reaksi alergi, jantung berdebar-debar, pusing dll.Tapi ada juga orang yang tidak mengalami efek samping tersebut.

6. Cara Menanam

Sebelum melakukan cara menanam binahong persiapkan bibit terlebih dahulu. Bibit binahong dapat diperoleh dari perbanyakan stek. Pilih batang yang sudah berukuran 10 cm.

Secara lengkap Nonatani sudah membahasnya di halaman cara menanam Binahong.

Setelah memperoleh bibit buat lubang tanam dengan jarak antar lubang sekitar 40 cm. Lalu berikan pupuk dasar berupa pupuk organik dan pupuk NPK. Kemudian timbun dengan tanah lagi diamkan sampai pupuk terurai.

Setelah semuanya siap, bibit binahong bisa ditanam. Siram tanah dan berikan ajir untuk merambatkan sulurnya. Langkah selanjutnya adalah perawatan secara teratur.

Hendrasap
Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Cara Menanam Pegagan

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Cara Menanam Bunga Telang

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Kumis Kucing

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *